Kepanjangan SPBU serta Arti dan Penjelasan

Kepanjangan SPBU - akronim dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau sering disebut Pom Bensin. Apa itu SPBU? SPBU adalah tempat pengisian bahan bakar untuk kendaraan bermotor, seperti motor, mobil, truk, bus, dan sejenisnya yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan minyak dan Gas. Di indonesia SPBU yang paling sering dijumpai adalah Pertamina, wajar karna pertamina adalah salah satu perusahaan milik BUMN Indonesia, bahkan pertamina adalah badan usaha terbesar milik negara indonesia saat ini.

Tingginya jumlah pemilik ataupun pengguna kendaraan bermotor di indonesia tentu membuat pom bensin menjadi tempat yang sangat penting, bahkan mimin pun tujuh keliling kalau bensin sudah E tapi ga ketemu-ketemu SPBU, karna saking banyaknya pengguna kendaraan bermotor, kini SPBU di indonesia sudah menyebar ke berbagai pelosok wilayah, apalagi diperkotaan akan sangat dengan mudah menemukan SPBU. Saking butuhnya masyarakat akan kebutuhan bahan bakar, bahkan tak jarang ada banyak SPBU yang buka 24 jam nonstop.

Selain fungsinya sebagai tempat pengisian bahan bakar, SPBU yang ada di pinggir pinggir jalan daerah ataupun jalan kota biasanya menyediakan beberapa fasilitas-fasilitas umum, Beberapa fasilitas yang biasa di sediakan antara lain Mushola, Wc umum, Pompa angin, ATM dan MiniMarktet. Bahkan pada beberapa SPBU yang cukup besar seperti banyak ditemui di jalan tol sebagai rest area, bukan hanya fasilitas diatas saja, tapi adajuga yang menyediakan restoran cepat saji atau kedai kopi seperti starbucks. Setelah mengetahui Kepanjangan SPBU serta Artinya, lalu apa saja spbu yang banyak ada di indonesia, dan apa yang dijual di spbu tersebut? silahkan simak jawabannya dibawah sini.

Kepanjangan SPBU serta Arti dan Penjelasan



Kepanjangan SPBU


SPBU atau Pom Bensin Yang Ada di Indonesia


Pertamina - Perusahaan milik BUMN yang bernama resmi PT. Pertamina Persero, Perusahaan ini baru ada pada tahun 1968, dimana sebelumnya perusahaan ini adalah milik 2 perusahaan yakni pertamin dan permina yang pertama kali didirikan pada tahun 1957. Pertamina memiliki 7 kilang minyak yang tersebar di beberapa provinsi yakni Sumut, Sumsel, Riau, Kaltim, Papua, Jawa tengah dan Barat. Perusahaan milik indonesia ini spesialis dalam mengexplor dan memproduksi Minyak, Gas dan panas bumi.

Shell - Royal Dutch Shell plc atau lebih terkenal dengan nama shell, adalah salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia yang bermarkas pusat di belanda. Shell juga bahkan menjadi perusahaan terbesar ke 6 di dunia jika dilihat dari pendapatannya, shell bukan hanya ada di indonesia dan belanda saja, perusahaan ini sudah menjajakan kaki ke berbagai benua, kecuali antartika wkwk.

Petronas - Petroliam Nasional Berhad, adalah perusahaan minyak dan gas asal malaysia yang didirikan pada tahun 1974, perusahaan minyak dan gas asal negri upin ipin ini cukup besar juga, bahkan pada tahun 2009 majalah fortune menyebut Petronas sebagai perusahaan terbesar ke 80 di dunia. Tak cukup dengan hanya itu saja, bahkan Petronas disebut sebagai perusahaan yang paling menguntungkan ke 1 di asia, sungguh hebat memang, negara dengan luas yang sangat kecil dibandingkan indonesia itu mampu mengukir prestasi yang memukau. Oh iya, berbeda dengan pertamina, hak milik dari petronas sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah.

Bahan Bakar di SPBU

Bahan Bakar Yang Umum Dijual di SPBU


  • Bensin : Tersusun dari hidrokarbon rantai lurus, mulai dari C7 (heptana) sampai dengan C11. Bensin atau yang biasa disebut petrol dalam bahasa inggris, dan gasoline kalau di amerika merupakan bahan bakar yang paling banyak digunakan saat ini oleh kendaraan bermotor seperti mobil dan motor.

  • Solar : hasil dari pemanasan minyak bumi antara 250-340°C, bahan bakar yang digunakan untuk mesin berputaran tinggi di atas 1000 rpm, paling umum digunakan oleh kendaraan bermesin Diesel.

  • LPG : liquified Petroleum gas, Komponennya didominasi propana (C3H8) dan butana (C4H10). Elpiji juga mengandung hidrokarbon ringan lain dalam jumlah kecil, misalnya etana (C2H6) dan pentana (C5H12). LPG adalah Gas minyak bumi yang dicairkan, di indonesia LPG mulai banyak digunakan dirumah-rumah untuk keperluan memasak sejak dihapusnya subsidi minyak tanah.

  • E85 : Adalah campuran bahan bakar yang terdiri dari 85% etanol dan 15% bensin jika dilihat dari volumenya. E85 biasanya digunakan untuk kendaraan berbahan bakar fleksibel, Di indonesia bahan bakar ini jarang ditemui, karna mobil mobil berbahan bakar ini baru ada di Amerika dan Eropa.

  • Minyak tanah : adalah cairan hidrokarbon yang tak berwarna dan mudah terbakar. Dia diperoleh dengan cara distilasi fraksional dari petroleum pada 150 °C dan 275 °C (rantai karbon dari C12 sampai C15). Bahan bakar ini dulu menjadi bahan bakar pokok untuk kompor masak ataupun pelita penerangan, tapi mulai dihilangkan di era pemerintahan Sby-JK digantikan dengan LPG, Minyak tanah kini jarang lagi dijual secara umum, bahkan seperti dulu banyak penjual minyak keliling di kampung kampung. Bahan bakar ini masih biasa digunakan untuk keperluan penerbangan, karna pesawat-pesawat bermesin jet masih biasa menggunakan bahan bakar minyat tanah ini, (lebih teknikal Avtur, Jet-A, Jet-B, JP-4 atau JP-8).


Itulah Kepanjangan SPBU serta Arti dan penjelasan yang dapat kami berikan kali ini, masih banyak lagi pengetahuan menarik yang akan kami bagikan di website ini, jangan bosan untuk selalu berkunjung ke website ini dan jangan lupa juga share informasi-informasi yang kami berikan, gratisss ko, okedeh sekian dan terimakasih banyak.