Kepanjangan HTTP, Arti dan Penjelasan

Kepanjangan Http - Http adalah singkatan dari (Hyper Text Transfer Protocol), Http merupakan protokol yang dipakai untuk mentransfer file dalam World Wide Web (WWW), yakni sebuah nama yang kerap kali kita lihat ada dibagian depan sebuah nama domain, seperti website ini contohnya. Protokol yang tergolong kedalam protokol ringan ini memang dapat digunakan oleh berbagai macam doc maupun file, protokol ini juga tidak berstatus.

Pengembangan HTTP pada pertama kali dikoordinasi oleh Konsorsium World Wide Web (W3C) dan juga bekerja dengan Internet Engineering Task Force atau (IETF), kedua grup ini bekerja dalam publikasi satu seri yang disebut dengan RFC, dan publikasinya yang paling terkenal ialah RFC 2616, yang menjelaskan tentang teknologi adri HTTP/1.1, teknologi http inilah yang digunakan hingga sekarang ini. 


Kepanjangan Http



Hyper Text Transfer Protocol atau Kepanjangan Http merupakan sebuah protokol yang bertugas untuk meminta/menjawab panggilan antara client dan server. Sebuah client HTTP seperti web browser semisal chrome, opera, uc, safari dan yang lain-lainnya,biasanya memulai permintaan dengan membuat jalinan dari TCP/IP ke port tertentu di tuan rumah yang jauh (biasanya port yang digunakan ialah port 80).

Sebuah server Http yang mendengarkan di port tersebut sebenarnya bertugan untuk menunggu client mengirim kode permintaan (request), seperti "GET / HTTP/1.1" (yang akan meminta halaman yang sudah dipilih), kemudian diiringi juga dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode head yang menjelaskan aspek dari permintaannya itu, diikuti dengan body dari data tertentu. 

Beberapa (header) juga sebenarnya bebas ditulis ataupun tidak, sementara yang lainnya (seperti Home) diperlukan oleh protokol HTTP/1.1. Begitu menerima kode permintaan (dan pesan, bila ada), Selanjutnya server akan mengirim kembali kode jawaban, semisal "400 OK", atau sebuah pesan yang diminta, atau bisa juga sebuah pesan tanda error dan beragam jenis pesan lainnya. 

Sejarah Munculnya Hyper Text Transfer Protocol / Kepanjangan Http


Awal mulanya Protokol Http pertama kali dipergunakan oleh world wide web sekitar tahun 1990. Pada saat itu yang dipakai adalah protokol Http versi 0.9. Versi 0.9 ini adalah protokol transfer dokumen yang belum matang, maksudnya yaitu file yang dikirin itu semuanya tanpa memandang tipe -tipe dari dokumen tersebut. 

Kemudian barulah pada tahun 1996 protokol Http ini direvisi ulang dengan kecanggihan yang ada hingga mucullah Http versi 1.0. Dengan revisi perubahannya ini bertujuan untuk bisa mengakomodasi tipe-tipe dokumen yang akan dikirim, beserta enkoding yang akan dipergunakan untuk pengiriman data dokumen. 

Kemudian peningkatan pun masih terus dilakukan hingga sesuai dengan perkembangan infrastruktur internet maka pada tahun 1999 hadirlah HTTP versi 1.1 yang telah berguna untuk mengakomodasi proxy, cache dan koneksi yang persisten. 


Berikut ini adalah contoh transaksi yang dilakukan oleh server dan klien S = Server C = Client 

C : (Inisialisasi koneksi) 
C : GET /index.htm HTTP/1.1 

C : Host: www.wikipedia.org 

S : 200 OK 

S : Mime-type: text/html 

S : 

S : -- data dokumen -- 

S : (close connection) 


Itulah penjelasan mengenai Singkatan dan Kepanjangan Http yang bisa ane berikan pada kesempatan kali ini, terimakasih banyak sudah mau mampir, wassalamualaikum warahmatullah.