Kepanjangan FPI Serta Arti dan Penjelasan

Kepanjangan FPI - FPI adalah singkatan dari Front Pembela Islam. FPI merupakan salah satu organisasi massa terbesar di indonesia yang bergerak di bidang dakwah islam, sosial dan kemanusiaan, ormas ini dibentuk pada tanggal 17 agustus 1998 di ponpes Al-Umm ciputat yang sekarang di pimpin KH misbahul anam. Ormas FPI di pimpin langsung oleh imam besar Habib Muhammad Rizieq bin Husein Syihab.

Sejak didirikan FPI memang cukup kontroversial di tengah masyarakat indonesia, ada banyak pro dan kontra. Selain di bidang dakwah islam, fpi juga spesialisasi dalam menegakan Nahi Munkar, maka tak heran membuatnya kontroversial karna kerap kali para laskar (anggota/ Tentara FPI) membubarkan berbagai tempat tempat maksiat seperti club malam ataupun tempat-tempat prostitusi. Para laskar sering melakukan sweeping ke berbagai tempat maksiat terutama ketika malam-malam bulan ramadhan. FPI memiliki kantor pusat di wilayah Petamburan, Jakarta Barat tidak jauh dengan kediaman imam besar habib muhammad Rizieq Syihab, Setelah mengetahui Kepanjangan FPI, mari kita kulik lebih jelas informasi-informasi lainnya. 

Kepanjangan FPI Serta Arti dan Penjelasan


Kepanjangan FPI
Kepanjangan FPI

FPI sangat identik dengan tokoh ulama besarnya yang sangat didengar fatwa fatwanya, yakni Habib Rizieq Syihab, ulama besar yang juga sangat kontroversial ini memang menjadi salah satu ulama yang paling berpengaruh di indonesia. Habib Rizieq yang terkenal sangat kritis terhadap pemerintah atau penguasa sangat banyak dikagumi masyarakat indonesia, terkenal tegas dan cerdas didukung dengan keberanian yang sangat jarang ada ulama ulama seperti ini, bahkan habib rizieq juga pernah masuk penjara dikarnakan aksi kekerasan yang dilakukan anggotanya.

Dakwah FPI yang konsisten dalam menegakan amar ma'ruf nahi munkar kini menyebar ke berbagai pelosok indonesia, dengan jumlah anggota yang sangat banyak FPI kini telah memiliki berbagai cabang di seluruh pelosok nusantara, berikut struktur organisasi dari ormas FPI.

Struktur Organisasi FPI



  • DPP FPI (Dewan Pimpinan Pusat) : sebagai pengurus organisasi berskala nasional
  • DPD FPI (Dewan Pimpinan Daerah) : sebagai pengurus organisasi berskala Provinsi
  • DPW FPI (Dewan Pimpinan Wilayah) : sebagai pengurus organisasi berskala Kabupaten/Kota
  • DPC FPI (Dewan Pimpinan Cabang) : sebagai pengurus organisasi berskala Kecamatan


FPI belakangan juga menjadi lebih terkenal dikarnakan memotori beberapa aksi-aksi besar yang perlu dicatat sebagai sejarah di indonesia, seperti aksi 411 dan 212 yang menjadi acara demonstrasi menuntuk keadilan hukum terhadap penista al-qur'an. Namun sayangnya teramat sayang beberapa aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh ormas FPI seperti mencari dan mengurus mayat korban tsunami aceh 2004 serta aksi kemanusiaan lainnya sangat jarang terexpose di media. Justru media hanya sering menampilkan aksi aksi sweeping dimana ketika ada anggota laskar FPI melakukan kekerasan barulah tayang di TV, itulah yang membuat nama FPI menjadi kurang bersih dan menimbulkan kontra di masyarakat tanah air. 

Para Laskar-Laskar FPI cukup mudah dikenali, karna mereka memakai seragam serba putih, sebelum merak resmi menjadi laskar, mereka mendapat pelatihan khusus dulu biasanya, dari mulai latihan fisik hingga latihan pengetahuan-pengetahuan dasar organisasi.

Selain Habib Muhammad Rizieq bin hussein syihab, ada banyak pula tokoh tokoh fpi yang sangat terkenal dan cukup memiliki nama di indonesia, contohnya seperti KH Sobri Lubis, Habib Hanif Al-Athas (menantu Habib Rizieq), Habib Bahar Bin Smith (Pimpinan Majlis Pembela Rasulullah), Ustadz Novel Bamukmin (wakil ketua ACTA) dan masih banyak lagi ulama-ulama dan habaib terkenal lain dari anggota FPI di indonesia ini.

Untuk mengetahui berita-berita harian dari ormas FPI, sobat bisa mengunjungi website resminya di www.FPI.or.id, selain itu berbagai ceramah-ceramah serta kegiatan dari FPI ini juga bisa dilihat di saluran TV FPI yakni FRONT TV, channel youtubenya juga ada, silahkan langsung dilihat saja.

Sepertinya cukup jelas sudah informasi tentang Kepanjangan FPI Serta Arti dan Penjelasan yang bisa mimin sampaikan kali ini, bila ada informasi tambahan ataupun saran, silahkan saja tulis dikolom komentar bawah, sekian dan terimakasih banyak.