Kepanjangan WOSM Serta Arti dan Penjelasan

Kepanjangan WOSM - WOSM merupakan singkatan dari World Organization of the Scout Movement, atau Organisasi Gerakan Kepanduan Sedunia bila diterjemahkan dalam bahasa indonesia. WOSM adalah organisasi non-pemerintahan yang bertugas untuk menaungi seluruh gerakan panduan yang ada di dunia. World Organization of the Scout Movement atau WOSM dibentuk pada tahun 1920 oleh Robert Baden-Powell di Londong Inggris, dimana pada awal pembentukannya WOSM telah diikuti oleh 33 Negara peserta.

Bahkan pada konferensi ke 38 yang diadakan di deju-do korea selatan, Konferensi Wosm bahkan diikuti sebanyak 150 negara peserta, dan menurut data terakhir, kini WOSM sudah memiliki lebih dari 31 juta anggota di seluruh dunia. Organisasi Kepanduan Dunia ini berkantor pusat di Jenewa Swiss. Setelah mengetahui kepanjangan wosm, selanjutnya kita akan membahas apa tujuan WOSM, apa itu kepanduan, dan apa saja gerakan kepanduan yang yang ada di indonesia, silahkan baca terus sampai habis.

Kepanjangan WOSM Serta Arti dan Penjelasan


Kepanjangan WOSM
Kepanjangan WOSM

Apa Itu Kepanduan


Kepanduan adalah Gerakan Pandu, secara bahasa, pandu berarti penunjuk atau perintis jalan. Sedangkan secara definisi, Pandu berarti anggota perkumpulan pemuda yang berpakaian seragam secara khusus layaknya militer, dengan tujuan mendidik setiap anggotanya agar menjadi pribadi yang memiliki jiwa kesatria, gagah berani, dan saling tolong menolong terhadap sesama insan.

Tujuan WOSM (World Organization of the Scout Movement)


Tujuan dibentuknya WOSM adalah untuk memberikan kontribusi pendidikan kepada para pemuda melalui sistem nilai supaya mampu membantu membangun dunia yang lebih baik dimana setiap individu mampu memainkan peran konstruktif dalam masyarakat atau lingkungan sekitarnya. Sebagai organisasi dunia, WOSM diatur berdasarkan wikayah, konferensi, komite dan biro.

Gerakan Kepanduan yang ada di Indonesia


Pramuka Indonesia : Singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya yang sebelumnya diambil dari bahasa jawa yakni Poromuko yang berarti pasukan terdepan dalam perang. Didirkan pada tanggal 14 Agustus tahun 1961 oleh Gusti Raden Mas Dorodjatun atau Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Pramuka memiliki motto “Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan”.

HW : Singkatan dari Hizbul Wathan atau Kepanduan Islami, didirikan pada tahun 1918 Masehi atau bertepatan pada tahun 1336 Hijriyah di di Yogyakarta. Gerakan ini didirikan langsung oleh pendiri Muhammadiyah yakni KH Ahmad Dahlan atau Syaikh Muhammad Darwis, gerakan ini bertujuan untuk mendidik anak dan pemuda khususnya muhammadiyah agar bisa mengamalkan Aqidah islam yang benar, berakhlaq mulia serta cinta negara. Hizbul Wathan memiliki Slogan "Berlomba Lomba Dalam Kebaikan".

Putra Pengabdi : The Boy's Brigade atau BB adalah organisasi kepemudaan gereja interdenominasi yang didirikan pada tanggal 4 Oktober 1883 oleh Sir William Alexander Smith. Putra Pengabdi memiliki tujuan untuk memperkenalkan Kerajaan Allah di tengah anak-anak dan remaja, serta mempromosikan atau membina sifat saling menghargai, disiplin, rasa hormat dan percaya diri, serta semua tingkah laku yang menuju kepada kehidupan Kristen sejati. Putra Pengabdi baru ada di indonesia pada tahun 1984 ketika salah satu utusan dari Boy's Brigade Singapura mengadakan kunjungan untuk memenuhi undangan dari Gereja Methodist Indonesia di Medan. Putra Pengabdi memiliki motto "Yakin dan Teguh" (Sure and Steadfast).

Itulah beberapa contoh dari gerakan kepanduan yang ada di indonesia, walaupun bukan hanya itu saja, karna masih banyak lagi gerakan kepanduan lain namun tidak bisa kami jelaskan dengan lengkap, berikut beberapa lagi gerakan kepanduan yang ada di indonesia:

  • Pandu Anshor
  • Kepanduan Islam Indonesia
  • Islamitische Padvinders Organisatie (IPO)
  • Tri Darma
  • Kepanduan Azas Katolik Indonesia (KAKI)
  • Kepanduan Masehi Indonesia (KMI)
  • Pandu Rakyat Indonesia
  • Kepanduan Putera Indonesia (KPI)
  • Pandu Puteri Indonesia (PPI)
  • Kepanduan Indonesia Muda (KIM)
  • Teruna Kembang
  • Wira Tamtama
  • National Padvinderij Organisatie (NPO)
  • Pandu Kebangsaan
  • JIPO
  • Pandu Indonesia
  • Al-Irsyad


Sekarang sobat semua sudah faham kan mengenai Kepanjangan WOSM Serta Arti dan Penjelasan mengenai Kepanduan, Kiranya cukup itu saja infornasi yang dapat kami berikan, mohon maaf kalau kami tidak bisa menjelaskan semuanya, silahkan tambahkan saja di kolom komentar bila ada sobat yang ingin menambahkan informasi, semoga berkah dan terimakasih banyak.