Kepanjangan IDR Serta Penjelasan

Kepanjangan IDR - IDR adalah singkatan dari Indonesian Rupiah, istilah ini digunakan untuk menyebutkan mata uang negara indonesia sesuai dengan peraturan dunia perbankan dan bisnis di seluruh dunia sesuai dengan kode ISO 4217. IDR sebenarnya sama saja dengan Rp, namun IDR lebih bersifat internasional, karna biasa digunakan di dunia luar, terutama untuk menyebutkan nilai tukar berbagai negara di dunia.

Pengertian IDR sebenarnya sederhana saja, "ID" adalah kode untuk negara indonesia, sama dengan TLD negara indonesia yakni .id, sedangkan "R" adalah awalan dari Rupiah. Penerapan nama ini sama saja dengan negara lain, contohnya saja USD, yang sebenarnya itu adalah singkatan dari United States Dollar atau biasanya ditulis dengan US$, sedangkan untuk indonesia cukup ditulis dengan Rp saja.

Untuk orang indonesia sendiri biasanya hanya menyebut Rupiah, dalam penulisan pun mata uang indonesia dengan Rupiah saja. Bahkan sebagian orang indonesia masih banyak yang menyamakan rupiah dengan perak, contohnya saja kalau anda main ke kampung-kampung yang ada di indonesia, maka 1000 rupiah biasa disebut dengan seribu perak. Itulah Kepanjangan dari IDR, lalu apakah pengertian rupiah itu? serta darimana asal penyebutan Rupiah ini? silahkan simak penjelasan lengkapnya dibawah.

Kepanjangan IDR Serta Penjelasan


Kepanjangan IDR

Akronim/Singkatan: IDR
Kepanjangan: Indonesian Rupiah

Rupiah yang kini menjadi nama dari mata uang indonesia sebenarnya berakar dari bahasa sansekerta (rupyakam), dan awal mula penyebutan rupiah ini dikarenakan dulu kerajaan-kerajaan besar yang menguasai indonesia adalah kerajaan hindu dan budha sehingga penguasa-penguasa saat itu sangat kental dengan kebudayaan india, maka digunakanlah penyebutan rupiya, yang dalam bahasa india berarti perak.

Nah karna sebab itulah sampai sekarang mata uang indonesia disebut dengan rupiah, dan negara-negara yang identik dengan hindu serta budha pun hingga kini menyebut mata uangnya dengan sebutan yang mirip dengan rupiah, semisal saja negara India, Pakistan, Nepal dan Sri Lanka menggunakan mata uang Rupee atau dibaca Rupi dimana arti dari kata ini sama saja yakni Perak.

Di indonesia sendiri sebenarnya pernah menggunakan nama mata uang lain, yakni ORI. Mata uang ini diberlakukan semenjak awal kemerdekaan indonesia di tahun 1945 hingga tahun 1949, dan Mata uang rupiah ini baru menyeluruh digunakan di berbagai provinsi pada tahun 1974 (provinsi terakhir yang mengganti mata uang ini adalah Irian Barat).

Sekarang ini mata uang rupiah yang ada di indonesia terdiri dari 2 jenis yakni logam dan kertas, untuk uang dibawah 1000 menggunakan kepingan, sedangkan untuk uang 1000 hingga 100.000 rupiah menggunakan kertas. Mata uang rupiah yang resmi berlaku di indonesia ini dikeluarkan oleh BI (Bank Indonesia).

Oke, begitulah penjelasan mengenai Kepanjangan IDR, serta Penjelasan mengenai Rupiah. Sekian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat dan pastinya terima kasih banyak sudah mampir di website ini.