Kepanjangan MLM Serta Penjelasan

Kepanjangan MLM - Mlm singkatan dari Multi Level Marketing, artinya adalah pemasaran berjenjang. MLM adalah sebuah sistem pemasaran yang dilakukan perusahaan dimana setiap sales yang merekrut orang, akan mendapatkan pula komisi penjualan dari transaksi orang yang direkrutnya, sederhananya begitu, dan bila digambarkan pun teknik ini mirip seperti pyramid atau dulu waktu kecil kita sering melihat pohon faktor, karna adanya upline dan downline. MLM atau pemasaran berjenjang ini merupakan salah satu dari teknik pemasaran yang kini sudah banyak sekali digunakan oleh berbagai perusahaan di seluruh dunia.

Kepanjangan MLM Serta Penjelasan


Kepanjangan MLM

Akronim/Singkatan: MLM
Kepanjangan: Multi Level Marketing
Arti: Pemasaran Berjenjang Banyak

Pemasaran dengan sistem mlm tentu tidak bisa diterapkan di semua jenis perusahaan, hanya beberapa perusahaan saja biasanya yang menggunakan teknik mlm ini, di indonesia sendiri produk-produk mlm yang paling banyak dijumpai biasanya berupa produk kesehatan, baik itu obat ataupun herbal dan juga produk kecantikan, walaupun ada yang lain tapi sangat sedikit, misalnya saja perfume ataupun perlengkapan rumah.

Asal Muasal MLM (Multi Level Marketing)


Pada tahun 1956, muncul perusahaan Shaklee dan pada tahun 1959 muncul perusahaan Amway dari kedua perusahaan inilah yang kemudian memunculkan istilah MLM atau metode penjualan dengan multi level marketing. namun sejarah awal dari MLM ini sebenarnya sudah digunakan pertama kali oleh The California Perfume Company yang berdiri pada tahun 1886, perusahaan ini bermarkas di New York. Namun mereka tidak menyebut sitem pemasaran mereka dengan mlm, tapi Direct Selling, cuma beda-beda tipis aja sebenarnya antara direct selling dengan MLM.

Keuntungan Menjadi Seorang Sales MLM



  • Bisa kerja tanpa ada yang mengatur
  • Kebebasan mengatur waktu
  • Bisa jadi sampingan selain kerjaan pokok
  • Kerja tanpa melalui proses rekruitmen
  • Beberapa perusahaan bahkan menawarkan untuk jualan tanpa modal

Kerugian Menjadi Seorang Sales MLM


  • Diperlukan bakat dagang dan harus bisa membangun relasi, karna bukan hanya berjualan saja, tapi sales MLM harus mampu merekrut orang lain bila ingin ia mendapatkan komisi lebih
  • Para sales biasanya diharuskan menggunakan produk yang mereka jual sendiri, dan harganya pun biasanya lebih mahal dibandingkan barang sejenis yang dijual dipasaran
  • Bikin temen males nongkrong bareng kita, kenapa? sebab para pelaku sales mlm biasanya kerap kali selalu mengajak sahabat-sahabat terdekatnya untuk ikut berbisnis dengan dia, kadang justru malah bikin males temen.
  • Mesti sering ikut seminar ataupun pengenalan produk baru yang diadakan perusahaan

Selain itu, bagi anda yang mau memulai untuk menjadi seorang sales MLM, wajib untuk mengetahui dulu mana perusahaan mlm yang benar-benar terpercaya. Sebab sekarang ini di indonesia saja banyak sekali MLM bodong yang mengiming imingi anggotanya dengan keuntungan ratusan juta, dan biasanya di awal anda akan diminta membeli salah satu produk mereka dengan harga yang tidak masuk akal, maka dari itu waspadalah.

Beberapa perusahaan MLM besar serta terpercaya yang ada di indonesia diantaranya adalah, amway, oriflame, herbalife, tupperware, CNI, dan Nu skin. Bila anda ingin mencoba bisnis ini, kami sangat menyarankan agar anda mengetahui lebih jelas dulu perusahaan-perusahaannya, serta anda nilai dulu produknya, kira-kira sesuai atau tidak dengan harga dan kualitasnya, serta kira-kira anda bisa atau tidak memasarkan produk tersebut. Begitu kira-kira saran serta informasi yang dapat kami berikan kali ini, terimakasih telah melihat Kepanjangan MLM Serta Penjelasan, terimakasih banyak, semoga bermanfaat.