Kepanjangan Jaringan MAN Serta Penjelasan

Kepanjangan Jaringan MAN - MAN adalah singkatan dari Metropolitan Area Network, yang berarti Jaringan Wilayah Metropolitan. Itulah Kepanjangan dari MAN, lalu apa pengertian MAN serta penjelasan dari sistem jaringan komputer ini, silahkan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Jaringan (Metropolitan Area Network) merupakan jenis jaringan komputer yang mampu menjangkau area yang lebih luas, MAN merupakan perpaduan dari beberapa jaringan LAN. Disebut sebuah jaringan metropolitan, dikarnakan sistem jaringan ini mampu menghubungkan antar kota atau kabupaten.

Kepanjangan Jaringan MAN Serta Penjelasan



Akronim/Singkatan: MAN
Kepanjangan: Metropolitan: Area Network
ArtiJaringan Wilayah Metropolitan

Sisten jaringan MAN sendiri dimasukan kedalam kategori khusus dikarenakan telah ditentukannya standar untuk jaringan MAN. Standar tersebut kini sudah diterapkan, standar yang dimaksud adalah DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau yang dikenal 802.6 sesuai dengan standart IEEE. DQDB terdiri dari 2 buah kabel yaitu unidirectional yang menghubungkan semua komputer.

Area yang dapat dijangkau untuk jaringan MAN sendiri berkisar diantara 10 hingga 50 km. Jaringan MAN hanya mempunyai satu atau dua kabel namun tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berguna untuk membuat rancangan menjadi lebih simpel. Kabel tersebut juga berfungsi untuk mengatur paket daya dengan melalui kabel output.

Jaringan MAN sendiri biasa digunakan untuk menghubungkan pabrik, instansi, kantor, kampus maupun departemen dalam satu kota. Namun dibalik itu semua, ternyata penerapan jaringan ini dapat menimbulkan keuntungan dan kerugian, jadi sebelum menggunakan jaringan ini, ada baiknya dipertimbangkan dulu alasan berikut ini.

Kelebihan Jaringan MAN


  • Server inti bisa berguna sebagai pusat data dari berbagai kantor cabang.
  • Transaksi yang real time atau saat itu juga.
  • Memungkinkan untuk dapat berkomunikasi melalui email, chatting, atau video konferens.
  • Pengiriman dokumen maupun file dapat dilakukan dengan fasilitas email dan transfer file antar kantor pusat ke kantor cabang tidak banyak mengeluarkan biaya.
  • Dapat Update serta mengumpulkan data kapan saja.
  • Jaringan MAN yang memiliki fasilitas koneksi workstations memudahkan utuk saling berbagi software dan resources.
  • Semua dapat menggunakan data yang sama, tidak ada istilah ada salah satu pengguna saja yang mendapatkan data atau informasi.

Kekurangan Jaringan MAN


  • Memerlukan kabel yang sangat panjang, sehingga biaya operasional menjadi mahal.
  • Instalasi infrastruktur bisa dikatakan cukup sulit.
  • Ketika terjadi masalah atau trouble cukup rumit untuk diperbaiki.
  • Walaupun cukup aman, namun jenis jaringan ini cukup rentan dari ancaman, baik itu serangan hacker maupun virus. Sehingga diperlukan biaya tambahan untuk membuat sistem perlindungan.

Jadi seperti itu sob Kepanjangan MAN serta penjelasan dari Jaringan MAN ini, untuk sobat yang menggeluti dunia IT ataupun anak TKJ pasti tidak asing lagi mendengar Jaringan MAN ini, semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat ya sobb, sekian dan terimakasih banyak.