Kepanjangan MODEM Serta Penjelasan

Kepanjangan MODEM - MODEM adalah singkatan dari Mudolator Demodulator. Modulator adalah bagian yang merubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima, sehingga informasi itu bisa diterima dengan baik. Modem adalah gabungan dari kedua-duanya, sehingga modem adalah alat komunikasi dua arah.

Modem memungkinkan perangkat komputer untuk berinternet, mengirim pesan singkat ataupun melakukan panggilan, sebab modem adalah perangkat yang berguna untuk merubah singal digital yang dikirimkan komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya juga, data data yang dikirim lewat sinyal analog mampu dirubah ke bentuk digital oleh modem. Setelah mengetahui Kepanjangan Modem, simak lebih jauh mengenai jenis-jenis modem berikut ini.

Kepanjangan MODEM Serta Penjelasan


Kepanjangan MODEM

Akronim/Singkatan: Modem
Kepanjangan: Mudolator Demodulator

Modem sendiri terbagi kedalam beberapa jenis, berikut berbagai jenis Modem yang ada di jaman sekarang:

Berdasarkan Jenis Perangkatnya


  • ISDN : Integrated Services Digital Network adalah salah satu sistem telekomunikasi dimana terdapat sebuah layanan antara data, suara, serta gambar yang diintegrasikan ke dalam jaringan, yang mana menyediakan sebuah konektivitas digital ujung menuju ujung, supaya bisa menjangkau ruang lingkup pelayanan yang lebih luas.
  • ANALOG : Modem yang mengubah dari bentuk sinyal analog menjadi sinyal digital.
  • ADSL : Asymetric Digital Subscribe Line dapat memungkinkan untuk mengakses internet dan menggunakan telepon analog secara bersama-sama.
  • KABEL : modem yang dapat menerima data langsung dari suatu penyedia layanan lewat TV Kabel.
  • SATELIT : Modem yang saling berkomunikasi dengan ISP, melalui Bantuan Satelit yang menghubungkan Terminal Satelit yang terhubung ke Modem


Berdasarkan Jenis Jaringannya


  • Modem GSM :  adalah modem yang menggunakan jaringan GSM, modem ini bisa menggunakan frekuensi 3G HSPA, 4G LTE. Modem ini lebih populer di indonesia, sebab banyak sekali penyedia layanan gsm, sehingga bisa disesuaikan dengan wilayah (karna diluar perkotaan, sinyal belum menjangkau secara menyeluruh, harus disesuaikan dengan jaringan terbaik di wilayah anda), penyedia layanan gsm yang paling terkenal di indonesia adalah Telkomsel.
  • Modem CDMA : adalah modem yang menggunakan jaringan CDMA, yang banyak beredar sekarang ini umumnya menangkap frekuensi EVDO Rev-A (setara dengan 3G) dan teknologi CDMA terbaru adalah EVDO Rev-B. Di indonesia penyedia layanan CDMA yang terkenal adalah Smartfren.


Berdasarkan Jenis Slotnya




Modem Internal : adalah perangkat jaringan yang dihubungkan melalui papan ekspansi (Slot PCI) yang terdapat di motherboard.



Modem External : adalah modem yang ditempatkan di bagian luar komputer ataupun laptop. Modem jenis ini dapat dipasang dan dilepas, modem external yang paling banyak dijumpai biasanya menggunakan konektor USB dan juga Konektor RJ45 (kabel LAN).

Di era sekarang, Modem menjadi perangkat yang sudah tidak terlalu laris lagi, ini dikarnakan kehadiran smartphone-smartphone pintar yang sekarang hampir dimiliki semua orang. Dengan memiliki smartphone pintar, orang lebih memilih membeli Wi-Fi external untuk komputer mereka, soalnya mereka males untuk memiliki banyak kartu, karna otomatis mereka beli pulsa double, selain itu harga modem sendiri yang bisa mencapai ratusan ribu terkadang membuat sebagian orang semakin males untuk membeli modem. 

Dengan adanya Smartphone sekarang, yang sudah dilengkapi dengan hostpot, dan kecepatannya pun bisa dibilang cepat (tergantung smartphonenya), tentu banyak yang lebih memilih untuk membeli Wi-Fi (selain harganya jauh lebih murah).

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai Kepanjangan dari MODEM Serta Penjelasan, kayanya sudah sangat jelas ya sobbb informasi dari kami, kalau ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar, terimakasih semoga bermanfaat.