Kepanjangan CCTV Serta Penjelasan

Kepanjangan CCTV - CCTV adalah singkatan dari Closed Circuit Television atau dalam bahasa indonesia berarti Televisi sirkuit tertutup, maksudnya adalah Televisi dengan menggunakan sinyal yang bersifat tertutup, tidak seperti televisi biasa yang menggunakan sinyal siaran.

CCTV biasa digunakan untuk memantau aktivitas atau kegiatan di sebuah ruangan, baik tertutup ataupun terbuka, CCTV atau Closed Circuit Television lebih banyak digunakan sebagai sistem keamanan bukan hanya di Markas polisi ataupun militer saja, tapi CCTV sudah banyak digunakan di kantor-kantor, lembaga pemerintah, pabrik, pertokoan, tempat-tempat keramaian bahkan banyak juga yang menginstal CCTV dirumah mereka.

Walaupun CCTV tidak menjamin keamanan secara maksimal, namun setidaknya dengan CCTV ini bisa merekam apabila terjadi kejahatan, baik itu kekerasan maupun pencurian, sehingga alat ini bisa sangat membantu petugas keamanan dalam melacak pelaku.

Kepanjangan CCTV Serta Penjelasan


Kepanjangan CCTV
Kepanjangan CCTV

Akronim/Singkatan: CCTV
Kepanjangan: Closed Circuit Television

Sama halnya dengan perangkat elektonik lain, CCTV ini memiliki perangkat keras, dan perangkat yang terpenting pada CCTV itu adalah Kamera dan DVR.

Kamera

Kamera yang digunakan untuk CCTV tidak seperti kamera-kamera professional lainnya, kamera ini didesain agar bisa bertahan diberbagai cuaca, dan kamera cctv juga umumnya beresolusi rendah, sebab kamera ini merekam setiap saat/full time, sehingga kalau resolusinya terlalu besar tentu membuat penyimpanan memori menjadi sangat boros. Kamera untuk CCTV biasanya terbagi kedalam 2 jenis, yang pertama adalah kamera dengan konektor kabel, atau biasa disebut kamera analog. Sedangkan kamera jenis kedua, adalah kamera tanpa kabel biasana menggunakan sistem wirelles, kamera jenis ini sering disebut Camera CCTV Network.

DVR

DVR adalah perangkat yang berfungsi untuk mengumuplan hasil rekaman yang ditangkap oleh kamera-kamera cctv, DVR juga hampir mirip dengan CPU karna DVR memiliki processor dan juga penyimpanan (hard disk), dengan DVR ini memungkinkan kita untuk mengolah, baik itu memantau apa yang sedang atau telah direkam kamera CCTV, menghapus hasil rekaman, ataupun untuk memindahkan file hasil rekaman ke perangkat lain. Itu semua memungkinkan dilakukan oleh DVR, karna DVR dilengkapi dengan sistem operasi, namun untuk memantau semua itu, diperlukan interface, di DVR yang banyak beredar sekarang biasanya telah menyediakan socket VGA ataupun HDMI, sehingga anda bisa menambahkan monitor untuk memantau apapun yang direkam oleh kamera CCTV.

Itulah sekelumit penjelasan mengenai CCTV, bagi anda yang ingin memasang CCTV dirumah ataupun kantor anda, sekarang CCTV sudah banyak dijual baik di toko-toko elektronik maupun online store, tentunya dengan harga yang bervariatif. Saran kami, bila anda ingin membeli CCTV ini harus tau juga cara menginstalnya, atau bila anda tidak faham, bisa mencari tukang instalasi, biasanya setiap toko elektronik sudah memiliki orang yang siap membantu proses penginstalan, tentunya dengan biaya tambahan hmmm.

Jadi sekarang sobat sudah mengerti kan, bukan hanya sekedar tau Kepanjangan dari CCTV, tapi juga informasi seputar cctv. Okedeh sekian dulu informasi kali ini, semoga bermanfaat terimakasih banyak.