Kepanjangan JABODETABEK Serta Penjelasan

Kepanjangan JABODETABEK - adalah singkatan dari Kota Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi, yakni sebuah kawasan seluas 7.604,6 (km²) gabungan dari 5 kota besar yang menjadi kawasan Megapolitan indonesia. Kota-kota ini terletak di 3 provinsi, yaitu Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

Jabodetabek merupakan kawasan yang masing masing setiap kotanya terhubung dengan jalur transportasi darat, baik jalan kota ataupun Tol. Diantara setiap kota tersebut, tidak terputus dengan laut, anda bisa mudah berpergian kesana kemari diantara 5 kota tersebut, walaupun rawan macet.

Kepanjangan JABODETABEK Serta Penjelasan


Kepanjangan JABODETABEK
Kepanjangan JABODETABEK

Akronim/Singkatan: JABODETABEK
Kepanjangan: Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi

Pengertian Megapolitan : “Megapolitan adalah kumpulan pemerintah kota besar dan kota-kota sekitar dalam satu kesatuan geografis yang merupakan satu kesatuan perencanaan pembangunan dan dikelola dalam satu koordinasi, tanpa menghilangkan kewenangan setiap pemerintah kota”.

Singkatan dari JABODETABEK memang sangat populer di indonesia, selain karna sering disebutkan de berbagai media, ternyata masing-masing kota tersebut memiliki keunikan tersendiri. Misalnya Kota Jakarta, kota ini adalah ibu kota negara indonesia, disinilah pusat pemerintahan, selain pusat berbagai lembaga pemerintah, di kota jakarta juga menjadi pusat dari berbagai perkantoran. Kota dengan tingkat keramaian yang hampir 24 jam ini cukup diminati oleh perantau untuk mencoba mencari peruntungan.

Sedangkan Bogor, kota ini dikenal juga dengan kota hujan, sebuah kota yang menggambarkan suasana sejuk serta perkampungan. Di bogor anda dapat menemukan banyak tempat wisata maupun destinasi menarik, bahkan ada banyak sekali penginapan dan juga hotel, sehingga bogor sangat cocok menjadi singgahan warga kota jakarta ketika sudah penat menghadapi aktivitas di jakarta.

Depok, adalah pemekaran dari kota bogor, wilayahnya tidak terlalu besar, namun Depok sangat dekat dengan jakarta, di depok juga terdapat universitas terbesar di indonesia yakni UI, sehingga banyak pelajar-pelajar dari DKI yang tiap hari bolak balik ke Depok.

Tangerang, terletak di pinggiran Banten, tangerang menjadi kota yang cukup vital, selain di kota ini banyak berdiri kawasan industri, tangerang juga menjadi tempat bolak balik berbagai orang yang ingin melakukan penerbangan, baik antarkota maupun antar negara, sebab di tangerang lah bandara soekarno hatta berada.

Dan terakhir bekasi, Bekasi adalah kota yang nempel di kawasan timur jakarta, di kota ini beridiri berbagai perusahaan besar, bahkan tempat perakitan motor dan mobil pun banyak dilakukan di industri daerah bekasi. Bekasi dikenal dengan kota yang cukup panas, namun bekasi merupakan spot bagi para pencari kerja.

JABODETABEK adalah gabungan dari kota-kota yang saling membutuhkan, di masing-masing setiap kotanya juga sudah cukup maju, berbagai fasilitas umum dapat dengan mudah ditemukan di kota-kota ini, mulai dari universitas, hotel, rumah sakit maupun angkutan transportasi. Jabodetabek juga menjadi pusat para developer yang membangung perumahan, maka tak heran bila dikawasan ini harga tanah cukup mahal.

Walaupun berada di 3 provinsi, kota-kota ini memiliki kesamaan waktu yang bahkan tidak meleset walaupun 1 menit, makanya tak heran bila di televisi-televisi indonesia ketika menayangkan adzan menyebutkan khusus untuk kawasan JABODETABEK. 

Itulah Kepanjangan JABODETABEK serta Penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, mudah-mudahan bermanfaat untuk anda, bila ada informasi tambahan, silahkan tulis di kolom komentar yang telah kami sediakan, sekian terimakasih.