Kepanjangan COD Serta Penjelasan

Kepanjangan COD - COD adalah singkatan dari Cash On Delivery yang maksudnya ialah Bayar di Tempat. Cash On Delivery merupakan suatu sistem pembayaran yang dilakukan dengan cara pembayaran cash ketika barang belanjaan tersebut tiba di tempat.

Singkatan COD sangat sering dijumpai ketika kita melakukan belanja di online store ataupun E-Commerce, yang dimaksud dengan COD disini ialah anda memilih metode pembayaran ketika barang yang anda pesan tiba ke tempat anda, kemudian anda melakukan pembayaran kepada kurir yang membawa barang belanjaan anda tersebut. Bahkan menurut data, dibeberapa situs E-Commerce besar di indonesia pembayaran yang paling banyak dilakukan adalah melalui sistem COD.

Kemudian istilah COD ini juga bisa dipakai ketika anda ingin membeli sesuatu, dengan cara anda bertemu dengan penjual langsung, yap bagi anda yang sering membeli barang bekas di OLX misalnya, pasti anda akan melakukan COD, atau biasanya disebut orang dengan Ceodean. Nah maksud COD disini adalah anda bertemu dengan penjual kemudian anda melihat barang tersebut, apabila cocok, anda bisa melakukan transaksi langsung kepada si penjual.

Kepanjangan COD Serta Penjelasan


Kepanjangan COD
Kepanjangan COD

Akronim/Singkatan: COD
Kepanjangan: Cash On Delivery
Arti: Pengiriman Tunai

Keuntungan Transaksi COD


Dengan menggunakan sistem COD, tentu membuat kita merasa aman dari berbagai penipuan, sebab dengan sistem seperti ini, kita hanya akan melakukan pembayaran ketika barang telah sampai. Selain lebih aman, dengan sistem pembayaran seperti ini memungkinkan orang yang belum atau tidak memiliki atm ataupun kartu kredit untuk bisa berbelanja di toko online. Dengan sistem COD ini, tentu lebih disukai para kurir, karna dengan COD biasanya banyak konsumen memberikan tip tambahan kepada kurir, apalagi kalau kembaliannya recehan misal 2 atau 5 ribu.

Kerugian Transaksi COD


Namun dengan sistem ini, anda harus ada ketika barang belanjaan anda sampai, apabila tempat pengiriman itu kosong ataupun anda tidak dapat dihubungi, maka kurir dijamin bakal balik arah. Kemudian juga dengan pembayaran COD, biasanya kurir tidak membawa uang receh untuk kembalian (atau mungkin alasan mereka saja) maka dari itu ada baiknya anda menyediakan uang pas. 

Nah itulah Kepanjangan Dari COD yang sering kita dengar, dalam istilah lain sebenarnya COD juga memiliki arti lain, misal Call Of Duty atau Ikan Cod. Namun di indonesia ketika orang menyebut COD pasti yang dimaksud adalah Cash On Delivery, seperti itu sobbb jadinya. Sekian dulu deh informasi yang bisa kami berikan kali ini, semoga bermanfaat yah.