Kepanjangan Gelar LC serta Arti dan Penjelasan

Kepanjangan LC - LC adalah singkatan dari Licence, berasal dari kata bahasa inggris, yang berarti Lisensi atau Ijazah dalam bahasa indonesia. Gelar Lc sama dengan gelar sarjana strata 1, gelar ini biasa diberikan kepada pelajar oleh fakultas-fakultas di negara kawasan timur tengah seperti saudi arabia, uni emirat, mesir, sudan, libya, qatar, lebanon, oman, yaman dan yordania untuk para pelajar yang telah menyelesaikan studi tingkat 1.

Gelar Lc menjadi menarik, karna banyak ustadz ustadz terkenal indonesia yang menggunakan gelar ini di belakang namanya, contohnya saja tuan guru ustadz abdul somad Lc Ma, Ustadz Adi hidayat Lc Ma, Dr khalid basallamah Lc Ma, Ustadz Hanan Attaki Lc dan masih banyak lagi ustadz ustadz terkenal lain yang menyandang gelar LC ini. Setelah mengetahui Kepanjangan Lc dan artinya, lalu apa penjelasan dari gelar LC ini?

Gelar LC atau licence bisa diartikan sebagai sebuah surat izin untuk mengajar yang diberikan oleh  fakultas tempat dia belajar. Di indonesia sendiri, pelajar-pelajar yang ingin memiliki gelar ini  dibelakang namanya, biasanya mereka mendapatkannya dengan menempuh studi islam di negara timur tengah, Maka tak heran ketika mereka pulang kembali ke tanah air, banyak sekali yang menjadi pendakwah, ustadz, syaikh, tuan guru, dan pengajar-pengajar lainnya. Gelar Lc kini sudah tak asing lagi ditelinga kita, karna sudah sangat banyak sekali orang-orang yang menyandang gelar ini, dikarnakan sudah banyak sekali universitas-universitas timur tengah yang membuka peluang kepada para pelajar indonesia untuk belajar di negri arab tersebut, baik itu melalui jalur beasiswa atau bayar.

Kepanjangan Gelar LC serta Arti dan Penjelasan


Kepanjangan LC

Tidak mudah untuk mendapatkan gelar Lc ini, selain diperlukan kecerdasan, diperlukan juga mental yang kuat serta berjiwa mandiri, sebab untuk menyandang gelar dari negara timur tengah ini, minimal para pelajar harus siap tinggal di negara tersebut selama 3 sampai 4 tahun. Bukan perjuangan yang mudah memang, selain harus jauh dari keluarga dan kerabat, para pelajar pun harus bisa beradaptasi dengan kultur, budaya, cuaca, iklim dan lain sebagainya yang kadang sangat berbeda dengan negri indonesia. Tidak cukup itu saja, jika anda memilih negri timur tengah untuk menyelesaikan studi, maka anda pun minimal harus mengerti bahasa arab, karna bahasa itulah yang menjadi jalan pertama bagi para pelajar untuk memahami pelajaran-pelajaran yang diberikan dosennya.

Banyak sekali ustadz-ustadz indonesia yang menceritakan pengalaman pahit, sedih, duka, lucu, senang dan bahagia ketika mereka belajar di luar negri untuk mendapatkan gelar ini. Mulai dari aturan kampus yang super ketat, dituntut dengan menghafal ribuan ayat dan hadits, ada juga yang kesulitan untuk mencari uang untuk kebutuhan sehari-hari, ada yang kurus karna jarang makan nasi, ada yang kakinya di ikat karna ketauan merokok, dan bahkan ada juga yang mendapatkan jodoh ketika mereka sedang menempuh studi di negara negara timur tengah tersebut.

Walaupun begitu ceritanya, tapi tak menyurutkan niat para pelajar indonesia yang menyelesaikan studinya di timur tengah, ada ribuan bahkan puluhan ribu mungkin yang berangkat untuk mendapatkan gelar lc tiap tahunnya, bukan hanya pelajar pria saja, sebagian pelajar juga banyak yang perempuan.

Namun amat disayangkan, kerja keras, lintang pukang, serta susah payahnya mereka belajar di negri orang, tapi ketika mereka pulang, gelar Lc ini masih kurang dihargai di indonesia dibanding gelar dari negara negara barat seperti amerika, jerman, australia, belanda dan lainnya. Bukan sedikit kisah-kisah sedih mereka yang baru pulang menyelesaikan studi dari timur tengah yang menjadi galau karna setelah susah payah mereka mendapatkan gelar Lc, tapi apa daya di negri tanah air mereka ini, begitulah realitanya.

Maka, tak jarang banyak dari mereka yang setelah selesai menyelesaikan studi strata 1 atau Lc tersebut, lebih memilih untuk melanjutkan lagi pendidikan mereka ke jenjang selanjutnya untuk mendapatkan gelar Master Of Arts (M.A) dan banyak juga bahkan yang sampai mendapatkan gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) atau doktor. Karna banyak para pelajar tersebut yang lebih memilih untuk menjadi pengajar atau dosen di kampus-kampus dibandingkan bekerja setelah mendapatkan gelar itu.

Setelah mengetahui Kepanjangan Gelar LC serta Arti dan Penjelasannya, kayanya para gadis dan para calon mertua ga bakalan nih menolak lamaran dari para lelaki yang menyandang gelar ini aamiin. Soalnya selain mereka cerdas-cerdas dan bermental tangguh dan mandiri, para pemuda yang mendapatkan gelar Lc biasanya mumpuni dalam pengetahuan agama, sehingga bisa diandalkan untuk menjadi imam dalam rumah tangga wkwkwk. Udah mulai ngaco kan nih bahasannya, yauda deh sepertinya cukup itu saja mengenai Penjelasan Gelar Lc  dan Kepanjangan Lc yang bisa kami sampaikan, kalau ada masukan silahkan isi di kolom komentar, jangan lupa share dan kami ucapkan terimakasih banyakkk.