Kepanjangan EFTA, Arti dan Penjelasan

Kepanjangan EFTA - Merupakan singkatan dari kata European Free Trade Association atau dalam terjemahan bahasa indonesia berarti Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa, diririkan sebagai sebuah blok dagang alternatif untuk negara-negara dikawasan Eropa yang belum mampu, atau tidak mau memilih untuk bergabung dengan Uni Eropa (UE) atau dulu disebut Komunitas ekonomi eropa (EEC).

Asosiasi dagang ini didirikan pada tanggal 3 mei tahun 1960 dan resmi ditandatangi pada keesokan harinya yakni tanggal 4 mei tahun 1960 oleh 7 negara di EFTA Convention, namun hingga sekarang tinggal 4 saja negara yang bergabung pada asosiasi dagang EFTA ini, antara lain Islandia, Norwegia, Swiss, dan Liechtenstein. Jika dahulu EFTA ini selalu melakukan pertemuan di Konvensi Stockholm tapi kini digantikan dengan Konvensi Vaduz.

EFTA (Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa)




Selain membentuk Konvensi ini EFTA juga membentuk dua kenvensi lainnya yakni Hallmarking Convention dan Pharmaceutical Inspection Convention, kedua konvensi ini dibuka untuk negara yang tidak tergabung dengan Asosiasi EFTA ini.

Konvensi ini bertujuan untuk menyediakan liberalisasi dagang di antara para negara yang menjadi anggotanya. Tiga negara yang menjadi anggota EFTA ini merupakan bagian dari Pasar Internal Uni Eropa yang telah disepakati lewat Perjanjian Wilayah Ekonomi Eropa (European Economic Area) (EEA), yang mulai berlaku sejak tahun 1994; adapun yang keempat yakni Swiss, negara ini memutuskan untuk melakukan perjanjian bilateral dengan Uni Eropa. Selain itu juga, negara yang menjadi anggota EFTA telah melakukan perjanjian perdagangan bebas dengan beberapa negara lainnya.

Sekretariat pusat EFTA terletak didaeerah Jenewa, Swiss. sedangkan EFTA Surveillance Authority memiliki kantor pusat di Brussels, Belgia (lokasi yang sama dengan kantor pusat Komisi Eropa), sementara EFTA Court berkantor pusat di Luksemburg (lokasi yang sama dengan kantor pusat European Court of Justice).

Demikian sekelumit penjelasan yang bisa kami berikan mengenai Kepanjangan EFTA, Arti dan Penjelasan. Termikasih banyak atas kunjungannya, please sharee.