Kepanjangan EKG, Arti dan Penjelasan

Kepanjangan EKG - EKG merupakan singkatan dari Elektrokardiogram atau dalam bahasa inggsris disebut electrocardiogram (ECG). Secara penjelasan EKG adalah sebuah tes medis yang dilakukan guna mendeteksi ada tidaknya kelainan jantung pada seseorang. Tes EKG dilakukan dengan mengukur aktivitas listrik yang dikeluarkan oleh jantung, sebagaimana jantung berkontraksi. 

Manfaat dari tes EKG ini antara lain dapat membantu untuk mendiagnosis berbagai kondisi kesehatan seseorang, seperti aritmia jantung, pembesaran jantung, peradangan jantung (perikarditis atau miokarditis), dan penyakit parah lainnya seperti sakit jantung koroner. Setelah mengetahui Kepanjangan EKG sobat juga harus mengetahui mengenai penjelasannya.

Penjelasan EKG (Elektrokardiogram)




Tes EKG ini juga dilakukan dengan bantuan mesing canggih untuk medis yang disebut dengan elektrokardiograf. Alat atau mesin Elektrokardiograf ini akan mencatat aktivitas listrik yang dihasilkan oleh otot jantung dan alat ini juga menyajkan datanya melalui layar monito visual atau bisa juga pada sebuah kertas print. Namun yang boleh menafsitkan data-data yang dikeluarkannya hanyalah dokter yang telah ahli dibidang ini.

Jika Aktivitas jantung anda normal maka Elektrokardiogram ini akan menunjukan data dengan irama yang teratur. Karna jika ada kerusakan pada otot jantung dapat berdampak pada aktivitas listrik jantung sehingga mengubah bentuk EKG, sehingga alat ini juga akan menampilkan data dengan irama yang tidak teratur. 

Tes ini juga biasanya dilakukan atau direknomendasikan oleh dokter kepada seseorang dikarenakan beberapa faktor, seperti adanya riwayat keluarga yang terkena penyakit jantung, bisa juga karena kebiasaan merokok, obiesitas, diabetes, kolesterol tinggi, atau tekanan darah tinggi.

Itulah informasi yang bisa ane kabarkan mengenai Kepanjangan EKG untuk kesempatan kali in, mohon maaf kalau kurang jelas. Terimakasih banyak atas kunjugannya dan semoga bermanfaat.