Kepanjangan AS Serta Arti dan Penjelasan

Kepanjangan AS - AS adalah singkatan dari Alaihissalam, berasal dari bahasa arab, alaihissalam berarti Keselamatan Atasnya (Para Nabi & Rasul Allah).

Kepanjangan AS



Akronim/Singkatan : AS
Kepanjangan : Alaihissalam
Arti : Keselamatan Atasnya

Alaihissalam adalah ucapan doa, yang biasanya diucapkan seoarang muslim ketika mendengar nama nabi. Kata alaihissalam ataupun AS ini juga biasa ditulis dibelakang nama-nama nabi serta rasul, kata AS ini biasa diletakan setelah nama nabi tersebut, misalkan Ibrahim AS, Sulaiman AS, seperti itu contohnya. Selain sebagai bentuk ucapan doa dan pengagungan kepada nabi-nabi allah, penulisan kata AS dibelakang nama biasanya bertujuan untuk membedakan antara nama nabi dan orang biasa, karna seperti yang sudah kita ketahui bersama, kalau nama-nama nabi apalagi diantara 25 nama nabi dan rasul yang wajib diketahui itu sudah banyak sekali yang digunakan sebagai nama orang. 

Misalnya saja nama adam, ketika tidak disebutkan as dibekalang nama tersebut, tentu kita bingung, ini yang dimaksud apakah nabi adam atau adam smith, nah maka dari itu penulisan as dibelakang nama nabi ini juga menjadi cukup penting, sehingga dengan penyebutan doa ataupun gelar AS dibelakang nama-nama nabi tersebut membuat kita tidak lagi bingung.

Walaupun ucapan doa Alaihissalam atau kata AS ini biasa disandingkan dengan nama nabi dan rasul, namun berbeda dengan rasulullah, karna nama nabi muhammad disandingkan dengan ucapan sholawat yakni shallallaahu 'alaihi wasallam atau bila disingkat menjadi SAW.

Itulah Kepanjangan dari AS serta arti dan penjelasan lengkapnya, semoga bermanfaat.