Kepanjangan ASEAN Serta Arti dan Penjelasan

Kepanjangan ASEAN -  Asean singkatan dari Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara dalam bahasa indonesia. ASEAN merupakan sebuah organisasi ekonomi dan geo-politik negara-negara di kawasan Asia Tenggara, Asosiasi ini pada awalnya didirikan oleh 5 anggota negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Kerjasama dari 5 negara pendiri ASEAN ini akhirnya resmi menghasilkan piagam Bangkok tepatnya pada tanggal 8 Agustus tahun 1967, sehingga terbentuklah Perhimpunan ASEAN yang kala itu deklarasinya dilakukan di ibukota Negara Thailand, yakni Bangkok. 5 Negara pendiri ASEAN ini masing masing diwakili oleh seorang perdana mentri dari masing masing negara untuk menandatangani isi dari deklarasi bangkok tersebut. Setelah mengetahui Kepanjangan ASEAN, simak yukk para tokoh pendiri asosiasi ini, simak dibawah.

Kepanjangan ASEAN Serta Arti dan Penjelasan


Kepanjangan ASEAN
Kepanjangan ASEAN

Tokoh Perwakilah Pendiri ASEAN


Haji Adam Malik Batubara (Indonesia) - adalah mantan Menteri Indonesia pada beberapa Departemen, antara lain ia pernah menjabat menjadi Menteri Luar Negeri. Adam Malik juga resmi menjadi Wakil Presiden Indonesia yang ketiga pada 1978-1983 era presiden Soeharto dan pada pada tanggal 6 November 1998 karna jasa-jasanya pada negara, ia ditetapkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia. Meninggal di Bandung Jawa Barat pada usia 67 tahun.

Narsisco Ramos (Filipina) - adalah seorang diplomat, mantan politikus Filipina, mantan pengacara dan juga mantan wartawan. Anaknya, Dari 1965 ke 1968 Narciso Ramos menjadi Menteri Luar Negeri dalam pemerintahan Ferdinand Marcos. Meninggal di Manila pada usia 86 tahun.

Tun Abdul Razak Hussein (Malaysia) - salah seorang mantan perdana menteri malaysia ke-2 dan seorang tokoh pendiri negara Malaysia, sekaligus ia juga penggagas Dasar Ekonomi Baru orang melayu di malaysia. Meninggal di london inggris pada usia 54 tahun.

Sinnathamby Rajaratnam (Singapura) - adalah mantan Menteri luar negri pertama Singapura yang juga pernah menjabat sebagai wakil perdana mentri. Meninggal di Bukit Timah Singapura pada usia 91 tahun.

Thanat Khoman (Thailand) - adalah mantan Menteri luar negeri Thailand pada tahun 1959 sampai 1971. Meninggal di Bangkok Thailand pada usia 102 tahun.

Hasil Deklarasi Bangkok


  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di negara-negara kawasan Asia Tenggara.
  2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas wilayah.
  3. Meningkatkan kerja sama dan saling membantu bagi kepentingan bersama khususnya di bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi.
  4. Memelihara kerja sama yang erat di tengah-tengah organisasi daerah dan internasional yang ada.
  5. Meningkatkan kerja sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan, latihan, serta penelitian di kawasan Asia Tenggara.

Wilayah ASEAN


ASEAN meliputi wilayah daratan seluas 4.46 juta km² atau hampir sama dengan 3% total luas daratan di permukaan Bumi, dan memiliki populasi yang hampir mencapai 600 juta orang atau setara dengan 8.8% total dari populasi manusia di dunia. Luas wilayah laut ASEAN tiga kali lebih besar dari luas wilayah daratannya.

Tujuan ASEAN


Organisasi ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan bagi negara-negara anggotanya. Selain itu ASEAN juga berkeinginan untuk memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya, serta meningkatkan peluang untuk membahas ikhtilaf dengan cara santun dan damai diantara setiap anggota negaranya.

Negara yang menjadi Anggota ASEAN


Negara Anggota ASEAN


  • Thailand (Pendiri)
  • Indonesia (Pendiri)
  • Filipina (Pendiri)
  • Malaysia (Pendiri)
  • Singapura (Pendiri)
  • Brunei Darussalam bergabung pada (7 Januari 1984)
  • Vietnam bergabung pada (28 Juli 1995)
  • Laos bergabung pada (23 Juli 1997) (Laos dan Myanmar bergabung pada waktu yang sama)
  • Myanmar bergabung pada (23 Juli 1997) (Laos dan Myanmar bergabung pada waktu yang sama)
  • Kamboja bergabung pada (30 April 1999)

Kemudian di susul oleh 5 Negara yang menjadi anggota Perluasan ASEAN

  • Bangladesh
  • Palau
  • Papua Nugini
  • Republik Tiongkok (Taiwan)
  • Timor Leste

Gimana sob, selain mengetahui Kepanjangan dari ASEAN, sekarang sobat semua jadi semakin faham kan akhirnya tentang Apa Itu Asean hehehe. Okedeh terimakasih banyak sudah mau membaca sampai habis, jangan lupa share artikel ini ya sobb supaya yang lain juga jadi ketularan pinter kaya sobat wkwkwk. Sepertinya sudah cukup jelas tulisan kali ini mengenai Kepanjangan ASEAN Serta Arti dan Penjelasan, semoga berkah dan bermanfaat untuk semuanya.